Fashion revolution movement

Catatan kelam industri fashion

Industri Fashion
(Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels)

Fashion menjadi hal penting bagi setiap umat manusia diberbagai negara, perputaran tren fashion pun bergulir begitu cepat, termasuk Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum berbagai merek terkemuka di dunia yang saat ini ngetren dan banyak membanjiri pasar retail di Indonesia semakin ramai. 

Dengan meningkatnya permintaan pakaian, tanpa kita sadari meningkat juga dampak yang terjadi untuk lingkungan sekitar. Menurut artikel yang disajikan oleh vice.com, sejak tahun 2000 perkembangan mode terjadi begitu pesat, produksi busana di dunia meningkat dua kali lipat. Kondisi ini justru semakin miris seiring dengan tuntutan mengikuti perubahan tren fashion, dan sifat konsumtif yang membuat kebanyakan brand lebih memfokuskan produksi tanpa memikirkan dampak yang terjadi setelahnya.

Contoh limbah dari Industri fashion
foto dari www.bicnets.com

Industri fashion salah satu penyumbang limbah dan polusi terbesar

Industri fashion termasuk salah satu penyumbang limbah dan polusi terbesar di dunia, berbagai macam penelitan menyebutkan bahwa industri fashion menghasilkan emisi gas yang lebih merusak. Berbagai faktor dari mulai pabrik yang menghasilkan polusi, bahan baku pakaian dan pewarna yang mencemari lingkungan hingga plastik pembungkus yang digunakan.

Namun seiring berjalannya waktu, sebagian orang yang resah mulai peduli mencari solusi, sebuah proses untuk menggapai perubahan. Konsep fashion ramah lingkungan mulai disuarakan. Seperti memodifikasi bahan tak terpakai agar tidak menjadi limbah,  hingga menjaga kualitas bahan agar bertahan lebih lama.

Fashion revolution movement
www.fashionrevolution.org

Seperti fashion revolution salah satunya yang terus bersuara dengan lantang menggelorakan semangat reformasi dan revolusi di industri fashion. Dengan sedikit kesadaran memperbaiki lingkungan, dimulai dari diri sendiri. Mari bersama-sama menjalani sebuah proses yang bertujuan membawa perubahan, saling mencoba untuk menyadarkan dan lebih peduli terhadap lingkungan dan keberlangsungan hidup bagi generasi berikutnya.

Penulis : Nurdiana Azizah
Editor : Fyrman

About the author

Comments

  1. Hi there! This is kind of off topic but I need some
    advice from an established blog. Is it difficult to set up your
    own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty
    quick. I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to start.
    Do you have any points or suggestions? Many thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tinggalkan pesan